SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TEMATIK

KELAS III SEMESTER 1

Subject Specific Pedagogy ini disusun untuk memenuhi tugas PPL 1

Dosen Pengampu : Sunarti, M.Pd.

 

 upy-color

 

Disusun oleh :

Himawan Agus Candra

11144600021

 

 

 

 

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

2014

SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TEMATIK

 

Pengantar

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat  memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik. Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi pokok pembicaraan yang memberikan keuntungan bagi guru maupun siswa. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu.
  2. Siswa mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama.
  3. Pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan.
  4. Kompetensi dasar dapat dikembangkan lebih baik dengan mengaitkan mata pelajaran lain dengan pengalaman pribadi siswa.

Pembelajaran tematik lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu. Oleh karena itu, di dalam pembelajaran perlu dirancang pengalaman belajar yang akan mempengaruhi kebermaknaan belajar siswa. Pengalaman belajar menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual yang menjadikan proses pembelajaran lebih efektif. Keterkaitan antar mata pelajaran yang dipelajari akan membentuk skema, sehingga siswa memperoleh keutuhan dan kebulatan pengetahuan. Hal ini sangat membantu siswa karena dilihat dari tahap perkembangan siswa yang, masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan.

Pada SSP ini membahas tentang pembelajaran tematik dengan tema lingkungan. Mata pelajaran yang masuk dalam  tema ini yaitu mata pelajaran IPS dan IPA. Untuk IPS membahas materi pelajaran dengan SK  memahami lingkungan dan melaksanakan  kerjasama di sekitar rumah dan sekolah dan KD Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah. Untuk mata pelajaran IPA membahas materi dengan SK memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan. dan KD Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan. Dengan menematikkan pelajaran tersebut siswa diharap dapat memahami dan mengatahui lingkungan disekitar mereka.

  1. Standar Kompetensi
  • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Memahami lingkungan dan melaksanakan  kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan

  1. Kompetensi Dasar
  • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan

  • Indikator
  1. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS
  2. Kognitif

Proses

Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

Produk

Menyebutkan  lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

  1. Afektif

Karakter

Memberikan contoh lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

Ketrampilan Sosial

Menunjukkan sikap menghargai hasil kerja teman

  1. Psikomotor

Mengisi LKS tentang memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

  1. Ilmu Pengetahuan Alam
  2. Kognitif

Proses

Menunjukkan contoh kondisi lingkungan di rumah yang baik bagi kesehatan manusia

Produk

Menyebutkan kondisi lingkungan yang baik bagi kesehatan manusia

  1. Afektif

Karakter

Menampilkan kondisi lingkungan di rumah yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia

Ketrampilan Sosial

Menjawab pertanyaan dari guru kondisi lingkungan di rumah yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia

  1. Psikomotor

Mengisi LKS tentang kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia

  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
  3. Kognitif

Proses

Setelah dijelaskan oleh guru, siswa dapat menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dengan tepat.

Produk

Setelah diberikan contoh lingkungan, siswa dapat menyebutkan  lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dengan benar.

  1. Afektif

Karakter

Setelah diberi penjelasan oleh guru, siswa dapat memberikan contoh lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dengan tepat.

Ketrampilan Sosial

Setelah diberi arahan oleh guru, siswa dapat menunjukkan sikap menghargai hasil kerja teman dengan benar.

  1. Psikomotor

Setelah membaca buku materi, siswa dapat mengisi LKS tentang memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dengan tepat.

  1. Ilmu Pengatahuan Alam (IPA)
  2. Kognitif

Proses

Setelah mendapatkan pembelajaran, siswa dapat menunjukkan contoh kondisi lingkungan yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan manusia dengan tepat.

Produk

Setelah mendapatkan contoh dari guru, siswa dapat menyebutkan kondisi lingkungan yang baik bagi kesehatan manusia dengan benar.

  1. Afektif

Karakter

Setelah mendapatkan penjelasan dari guru, siswa dapat menampilkan kondisi lingkungan di rumah yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia dengan benar.

Ketrampilan Sosial

Setelah mendapatkan penjelasan dari guru, siswa dapat menjawab pertanyaan dari guru mengenai kondisi lingkungan di rumah yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia dengan benar.

  1. Psikomotor

Setelah mendapatkan penjelasan dari guru, siswa dapat mengisi LKS tentang kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia dengan tepat.

  1. Materi Pembelajaran
  2. Materi yang diberikan kepada siswa yaitu
  • IPS tentang memelihara lingkungan
  • IPA tentang kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia
  1. Sumber belajar
  • Damayanti, Puti.2010. IPA Alam Sekitar Kita. Bogor: Yudhistira
  • Sunarso, Anis.2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 3.Jakarta:Pusat perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
  1. Metode, Media Pembelajaran

Metode :

  • Pendekatan : Tematik
  • Model   : Pembelajaran kooperatif
  • Metode   : ceramah, demonstasi, simulasi, Tanya jawab, dan penugasan

Media Pembelajaran

  • Buku siswa
  • Pengalaman Belajar

Pengalaman belajar dalam pembelajaran tematik pada hakikatnya mencangkup berbagai kegiatan yang bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Menggambarkan kondisi lingkungan sekolah dan rumah yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia
  2. Menyebutkan kondisi lingkungan sekolah dan rumah yang baik bagi kesehatan manusia
  3. Menunjukkan contoh kondisi lingkungan di rumah dan sekolah yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia
  • Langkah – Langkah Pembelajaran
  1. Tahap pengenalan yakni proses membelajarkan siswa agar mengetahui tentang kondisi lingkungan yang ada di sekitarnya dengan denah dan peta yang akan dibuat siswa. Pada tahap ini dilakukan penkondisian sisiwa, supaya tercipta suasana pembelajaran yang kondusif.
  2. Tahap megkaji topik bahasan, guru menjelaskan materi pada pertemuan ini sesuai dengan tema yang akan dipelajari. Guru menggabungkan dan mengaitkan pembelajaran IPA yakni tentang kondisi lingkungan yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan dengan IPS tentang denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.
  3. Tahap pemberian petunjuk,misalnya:
  4. Mengatur pembelajaran dengan mengatur tempat duduk dan menggunakan metode serta media yang menarik.
  5. Memberikan tugas untuk menilai kemampuan dan keaktifan siswa.
  6. Tahap mendemonstasikan, yakni memberikan contoh denah dan peta kondisi lingkungan yang sehat, misalnya sekoalh dan rumah.
  7. Tahap mensimulasikan, yakni mengajak siswa bersama- sama membuat denah dan peta lingkungan sehat di rumah dan sekolah .
  8. Tahap refleksi, dilakukan melalui Tanya jawab, penugasan, pemecahan masalah, tanggapan, komentar dan penyimpulan.
  9. Evaluasi

Penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran ini dapat dilakukan selama proses dan akhir pembelajaran dengan mengguanakan alat- alat penilaian sebagai berikut:

  1. Tertulis

Jenis penilaian ini diberikan secara individual kepada siswa. Hasil pekerjaan siswa dapat dikoreksi langsung oleh siswa.

  1. Kinerja

Penilaian ini dapat dilakukan dengan memeberikan tugas adalah LKS kepada siswa. Tugas dapat berupa tugas individual dan tuga kelompok yang dikerjakan secara berkelompok. Tujuannya yakni untuk mengetahui kemampuan dan pemahaman setiap siswa.

  1. Tindak Lanjut dan Pemberian Penghargaan

Tahap ini ditempuh untuk memberikan penghargaan kepada siswa yang telah mencapai KKM dan menyelenggarakan perbaikan bagi siswa yang belum mencapai KKM. Dalam pembelajaran secara kelompok, tahap ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi terhadap kelompok yang terbaik.

  1. Lampiran
  2. Jaringan Tema
  3. Petikan Silabus terkait
  4. RPP
  5. Buku Siswa
  6. Lagu “mari bersih- bersih”
  7. Media Gambar
  8. Kisi-kisi LKS
  9. LKS
  10. Kunci Jawaban LKS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR NEGERI SEDANG JUARA KELAS III SEMESTER 1

TEMA : LINGKUNGAN

Standar

Kompetensi

Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Belajar Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sarana, Sumber, dan Media
IPS

Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

 

v  Memelihara lingkungan 1.   Siswa diminta membaca materi yang akan dipelajari di dalam buku

2.   Guru memberikan contoh lingkungan alam dan lingkungan buatan

3.   Siswa mengklasifikasikan lingkungan alam dan lingkungan buatan

Kognitif

Produk

Ø  Menyebutkan  lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

Proses

Ø  Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

Afektif

Karakter

Ø  Memberikan contoh lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

Keterampilan sosial

Ø  Menunjukkan sikap menghargai hasil kerja teman

Psikomotor

Ø  Mengisi LKS tentang memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

Tertulis dan kinerja

 

2 x 35 menit

v  Damayanti, Puti.2010. IPA Alam Sekitar Kita. Bogor: Yudhistira

v  Sunarso, Anis.2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 3.Jakarta:Pusat perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Standar

Kompetensi

Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Belajar Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sarana, Sumber, dan Media
IPA

Makhluk hidup dan proses kehidupan

Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan

 

Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan

 

Lingkungan sehat 4.   Siswa menyebutkan lingkungan alam dan lingkungan buatan yang ada disekitar mereka

5.   Siswa menyebutkan cara menjaga lingkungan

Kognitif

Produk

Ø  Menyebutkan kondisi lingkungan yang baik bagi kesehatan manusia

Proses

Ø  Menunjukkan contoh kondisi lingkungan di rumah yang baik bagi kesehatan manusia

Afektif

Karakter

Ø  Menampilkan kondisi lingkungan di rumah yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia

Keterampilan social

Ø  Menjawab pertanyaan dari guru kondisi lingkungan di rumah yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia

Psikomotor

Ø  Mengisi LKS tentang kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia

     
Yogyakarta,14 Maret 2014

Guru Tematik Kelas III

Himawan Agus Candra, S.Pd

NPM. 11144600021

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP)

TEMATIK

Satuan pendidikan   :  SD N Sedang Juara

Kelas/ Semester        :  III/ 1

Tema                        :  Lingkungan

Mata Pelajaran         : IPA dan IPS

Alokasi Waktu         :  2x 35 menit

Pertemuan ke-          :  1

  1. Standar Kompetensi
  • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Memahami lingkungan dan melaksanakan  kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan

  1. Kompetensi Dasar
  • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan

  • Indikator
  1. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
  2. Kognitif

Proses

Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

Produk

Menyebutkan  lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

  1. Afektif

Karakter

Memberikan contoh lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

Ketrampilan Sosial

Menunjukkan sikap menghargai hasil kerja teman

  1. Psikomotor

Mengisi LKS tentang memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

  1. Ilmu Pengetahuan Alam
  2. Kognitif

Proses

Menunjukkan contoh kondisi lingkungan di rumah yang baik bagi kesehatan manusia

Produk

Menyebutkan kondisi lingkungan yang baik bagi kesehatan manusia

  1. Afektif

Karakter

Menampilkan kondisi lingkungan di rumah yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia

Ketrampilan Sosial

Menjawab pertanyaan dari guru kondisi lingkungan di rumah yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia

  1. Psikomotor

Mengisi LKS tentang kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia

  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
  3. Kognitif

Proses

Setelah dijelaskan oleh guru, siswa dapat menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dengan tepat.

Produk

Setelah diberikan contoh lingkungan, siswa dapat menyebutkan  lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dengan benar.

  1. Afektif

Karakter

Setelah diberi penjelasan oleh guru, siswa dapat memberikan contoh lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dengan tepat.

Ketrampilan Sosial

Setelah diberi arahan oleh guru, siswa dapat menunjukkan sikap menghargai hasil kerja teman dengan benar.

  1. Psikomotor

Setelah membaca buku materi, siswa dapat mengisi LKS tentang memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dengan tepat.

  1. Ilmu Pengatahuan Alam (IPA)
  2. Kognitif

Proses

Setelah mendapatkan pembelajaran, siswa dapat menunjukkan contoh kondisi lingkungan yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan manusia dengan tepat.

Produk

Setelah mendapatkan contoh dari guru, siswa dapat menyebutkan kondisi lingkungan yang baik bagi kesehatan manusia dengan benar.

  1. Afektif

Karakter

Setelah mendapatkan penjelasan dari guru, siswa dapat menampilkan kondisi lingkungan di rumah yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia dengan benar.

Ketrampilan Sosial

Setelah mendapatkan penjelasan dari guru, siswa dapat menjawab pertanyaan dari guru mengenai kondisi lingkungan di rumah yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia dengan benar.

  1. Psikomotor

Setelah mendapatkan penjelasan dari guru, siswa dapat mengisi LKS tentang kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia dengan tepat.

  1. Materi Pembelajaran

 

Lingkungan alam adalah segala sesuatu yang ada di alam dan diciptakan oleh Tuhan. Ketampakan lingkungan alam di muka bumi berbeda-beda. Contoh lingkungan alam yang ada di muka bumi, antara lain sungai, danau, laut, lembah, dan gunung. Selain itu, ketampakan alam ada juga yang berupa dataran rendah, pantai, laut, pegunungan, dan dataran tinggi.

Contoh lingkungan buatan yang ada di sekitar kita antara lain :

Stasiun                        kolam ikan                   Gedung Sekolah

Waduk                               Tambak                     Pemukiman

  • LINGKUNGAN SEHAT

\

  1. Metode, Media Pembelajaran

Metode :

  • Pendekatan : Tematik
  • Model   : Pembelajaran kooperatif
  • Metode   : ceramah, demonstasi, simulasi, Tanya jawab, dan penugasan

Media Pembelajaran

  • Buku siswa
  • Sumber Belajar
  • Damayanti, Puti.2010. IPA Alam Sekitar Kita. Bogor: Yudhistira
  • Sunarso, Anis.2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 3.Jakarta:Pusat perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
  • Langkah-langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan awal/ pembuka (±10 menit)
  2. Guru mengucapkan salam pembuka
  3. Guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin berdoa.
  4. Guru menanyakan kabar siswa.
  5. Guru mengecek kebersihan kelas, kesiapan kelas, kesiapan siswa dan mempresensi kehadiran siswa
  6. Guru melakukan apersepsi untuk merangsang pemahaman siswa dalam menerima pelajaran yang akan disajikan, yakni upaya guru mengajak siswa mengingat materi pembelajaran yang lalu dan mengaitkan dengan materi yang akan dibahas.
  7. Guru menyampaikan hal dan tujuan yang akan dipelajari
  8. Kegiatan Inti (±50 menit)
  9. Guru membagikan buku siswa.
  10. Guru memberikan penjelasan tentang materi secara umum dengan metode ceramah dengan berbagai media yang di sertai tanya jawab.
  11. Setelah guru selesai memberi penjelasan kemudian guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
  12. Guru memberikan Lembar Kerja Siswa (LKS) kepada setiap kelompok kemudian guru memberikan pentunjuk tentang cara pengerjaannya.
  13. Ketika siswa sedang berdiskusi, guru sambil memantau dan membimbing siswa yang mungkin ada yang mengalami kesulitan.
  14. Setelah semua kelompok selesai mengerjakan tugas, kemudian perwakilan setiap kelompok membacakan hasil diskusinya di depan kelas.
  15. Kegiatan Akhir ( ±10 menit)
  16. Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan materi yang dipelajaran hari ini.
  17. Guru memberi tugas rumah / PR yang ada di buku siswa.
  18. Guru memotivasi siswa untuk selalu rajin belajar dan rajin mengerjakan tugas.
  19. Guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin berdoa bersama.
  20. Guru menutup pertemuan dengan mengucapkan salam.
  1. Penilaian

Penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran ini dapat dilakukan selama proses dan akhir pembelajaran dengan mengguanakan alat- alat penilaian sebagai berikut:

  1. Tertulis

Jenis penilaian ini diberikan secara individual kepada siswa. Hasil pekerjaan siswa dapat dikoreksi langsung oleh siswa.

  1. Kinerja

Penilaian ini dapat dilakukan dengan memberikan tugas adalah LKS kepada siswa. Tugas dapat berupa tugas individual dan tugas kelompok yang dikerjakan secara berkelompok. Tujuannya yakni untuk mengetahui kemampuan dan pemahaman setiap siswa.

 

 

Yogyakarta, 14 Maret 2014

Guru Kelas

 

Himawan Agus Candra, S.Pd

NPM 11144600021

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lingkungan Alam dan Buatan

  1. Memelihara lingkungan Alam

Lingkungan alam adalah segala sesuatu yang ada di alam dan diciptakan oleh Tuhan. Ketampakan lingkungan alam di muka bumi berbeda-beda. Contoh lingkungan alam yang ada di muka bumi, antara lain sungai, danau, laut, lembah, dan gunung. Selain itu, ketampakan alam ada juga yang berupa dataran rendah, pantai, laut, pegunungan, dan dataran tinggi.

 

 

 

               Pegunungan                             Sungai                      Danau

 

 

 

 

 

                                                                Pantai  dan Laut

Untuk menjaga lingkungan alam yang ada disekitar kita, kita tidak menebang pohon secara liar, jangan membuang sampah di sungai, dan kalau sedang wisata ke danau ataupun pantai jangan membuang sampah disembarang tempat karena akan merusak keindahan alam.

  1. Memelihara lingkungan buatan

Contoh lingkungan buatan yang ada di sekitar kita antara lain :

Stasiun                        kolam ikan                   Gedung Sekolah

Waduk                               Tambak                     Pemukiman

Kita harus menjaga lingkungan kita dengan cara seperti, membersihkan halaman, merawat pohon dan pagar, merawat saluran air, membuang sampah ditempatnya. Dengan kita berprilaku seperti itu kita akan mendapatkan lingkungan yang sehat. Lingkungan sehat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Udara bersih dan segar
  • Tanah yang subur.
  • Sumber air yang bersih.
  • Air sungai yang mengalir terlihat bersih dan jernih.
  • Sampah tidak berserakan.
  • Banyak tumbuhan hijau yang tumbuh dengan subur.

Ini contoh lingkungan sehat dan baik untuk kesehatan manusia

Sedangkan ini lingkungan yang kurang baik untuk kesehatan, karena banyak mengandung asap beracun. Asap beracun yang dikeluarkan dari knlpot kendaraan bermotor.

Lingkungan yang tidak sehat udaranya banyak mengandung debu, asap beracun. Selain udara kotor banyak sampah dan sungai yang kotor merupakan ciri lingkungan tidak sehat. Air sungai yang kotor dapat menyebabkan berbagai penyakt. Tidak terdapat tumbuhan sehingga terlihat gersang. Kalaupun ada, tetapi tidak terpelihara. Misalnya, terdapat rumput liar.

Kisi-kisi LKS

  • Buatlah kelompok dengan anggota maksimal 3 orang
  • Kemudian diskusikan pertanyaan berikut ini secara kelompok :
  1. Sebutkan cara menjaga lingkungan alam ?
  2. Sebutkan (minimal 3 ) lingkungan buatan yang ada di sekitar kita?
  3. Sebutkan ciri-ciri lingkungan sehat?
  4. Sebutkan ciri-ciri lingkungan yang tidak sehat buat kesehatan?
  5. Kegiatan apa saja untuk menjaga agar lingkungan kita tetap bersih?
  1. tidak membuang sampah di sungai atau saluran air;
  2. tidak menebang pohon secara liar,
  3. jika sedang berwisata jangan membuang sampah disembarang tempat, buanglah ditempat yang telah disediakan
  4. a. Gedung sekolah,
  5. Kolam ikan,
  6. Stasiun,
  7. tambak
  8. Permukiman
  9. Waduk
  10. Udara bersih dan segar, Tanah yang subur, Sumber air yang bersih, Air sungai yang mengalir terlihat bersih dan jernih, Sampah tidak berserakan, dan banyak tumbuhan hijau yang tumbuh dengan subur.
  1. – Udara banyak mengandung debu,

– Banyak sampah,

– Sungai yang kotor,

-Tidak terdapat tumbuhan, sehingga terlihat gersang

  1. Menyapu halaman, menyiram tanaman, membuang sampah pada tempatnya,

Pedoman Penilaian

  1. Masing-masing no skor 20

LEMBAR EVALUASI

 

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, atau c!

  1. 1. Udara yang masih segar biasanya terdapat di daerah ….
  2. pegunungan c. jalan raya
  3. pasar d. terminal bus
  4. Apabila kesehatan lingkungan terjaga, maka ….
  5. makhluk hidup yang berada di dalamnya akan sakit
  6. makhluk hidup yang berada di dalamnya akan sehat
  7. makhluk hidup yang berada di dalamnya akan menderita
  8. makhluk hidup yang berada di dalamnya akan berkurang
  9. Penanaman pohon dapat berfungsi sebagai ….
  10. pengering udara c. pengatur udara
  11. pembersih udara d. penggerak udara
  12. Membuang sampah ke sungai dapat mengakibatkan …
  13. banjir c. gempa
  14. longsor d. Kekeringan
  15. Contoh ketampakan atau lingkungan buatan adalah ….
  16. waduk c. gunung
  17. sungai d. Laut
  18. Penyebab terjadinya pencemaran tanah adalah . . . .
  19. debu
  20. limbah plastik yang dibuang di sungai
  21. sampah plastik
  22. limbah kotoran yang dibuang di sungai
  1. Ciri-ciri dari lingkungan yang sehat adalah . . . .
  2. udara kotor dan berbau
  3. taman yang kotor dan tidak terawat
  4. saluran air yang lancar
  5. sampah berserakan di lingkungan tetangga
  1. Cara memelihara lingkungan yang sehat adalah . . . .
  2. merokok
  3. menanam tumbuhan
  4. membuang sampah di sungai
  5. membersihkan danau
  1. Tebang pilih adalah menebang pohon yang dilakukan dengan cara menebang….
  2. sembarangan
  3. semua pohon
  4. pohon yang sudah tua
  5. pohon yang masih muda
  1. Pohon-pohon yang ditanam di halaman sekolah bermanfaat untuk ….
  2. pelengkap
  3. diambil kayunya
  4. peneduh dan penyejuk
  5. dipetik buahnya
  1. Pernyataan berikut yang termasuk jenis pencemaran air adalah ….
  2. mengambil air sungai untuk menyiram tumbuhan
  3. mencuci pakaian di sungai
  4. memancing di sungai dengan menggunakan kail yang kotor
  5. memasukkan kaki ke dalam air sungai
  6. Salah satu contoh lingkungan yang sehat adalah ….
  7. halaman rumah yang gersang
  8. halaman rumah yang becek
  9. halaman rumah yang ditanami tumbuhan
  10. halaman rumah dengan sampah bertebaran di mana-mana
  11. Bila rumah tidak mempunyai ventilasi yang baik, maka akan berakibat sebagai berikut, kecuali ….
  12. udara menjadi lembap
  13. udara menjadi kering
  14. udara cukup mengandung oksigen
  15. jamur dapat tumbuh dengan baik
  1. Ciri-ciri dari lingkungan yang tidak sehat adalah . . . .
  2. udara kotor dan berbau
  3. taman yang kotor dan tidak terawat
  4. saluran air yang lancar
  5. sampah berserakan di lingkungan tetangga
  1. Cara menjaga agar udara tetap bersih dan segar adalah . . . .
  2. merokok
  3. membuang sampah pada tempatnya
  4. menebang pohon
  5. membuang limbah
  1. Limbah plastik yang dibuang ke sungai dapat menyebabkan . . . .
  2. pencemaran air c. pencemaran udara
  3. pencemaran darat d. pencemaran suara
  1. Cara memelihara lingkungan yang sehat adalah . . . .
  2. merokok
  3. menanam tumbuhan
  4. membuang sampah di sungai
  5. membersihkan danau
  1. Minyak dan sabun dapat mencemari . . .
  2. Udara
  3. Tanah
  4. Air
  5. Suara
  1. Berikut ini yang merupakan cara merawat lingkungan adalah . . . .
  2. mencoret-coret tembok
  3. menyapu halaman
  4. membuang sampah ke selokan
  5. menebang pohon
  1. Melestarikan lingkungan menjadi tanggung jawab . . . .
  2. Ketua RT
  3. Kepala Desa
  4. Semua warga
  5. Pak Mail

Kunci Jawaban

  1. A B
  2. B C
  3. B C
  4. A C
  5. A B
  6. C A
  7. C B
  8. B   C
  9. C B
  10. C C

Masing masing skor 10

NA : Skor X 5

Instrumen Penilaian Saat Pembelajaran Berlangsung

No. Nama Aspek yang dinilai/ skor tiap aspek Jumlah NA
Lafal Intonasi Ekspresi Partisipasi Keberanian
100 75 50 100 75 50 100 75 50 100 75 50 100 75 50
1.
2.
3.
4.
5.
6
7
8
9
10
11
12
`13
14

Keterangan:

100 =  Baik

75 =  Cukup

50 =  Kurang

Instrumen Penilaian saat Diskusi

Nama Kelompok : …………………..

No Nama Aspek  yang Dinilai Jmlh NA
Ketepatan Percaya diri dan berani mencoba Kerja Sama Tanggung jawab Partisipasi
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1
2
3
4
5

Keterangan:

3 = baik

2 = cukup

1 = kurang

Nilai akhir =

LEMBAR PERHITUNGAN KKM

Kompetensi Dasar Indikator Kriteria Penetapan Ketuntasan Nilai KKM
Kompleksitas Daya dukung Inteke

Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

Kognitif

Produk

Menyebutkan  lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

75 80 70 75
Proses

Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

70 85 80 78
Afektif

Karakter

Memberikan contoh lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

65 70 75 70
Keterampilan Sosial

Menunjukkan sikap menghargai hasil kerja teman

70 85 70 75
Psikomotor

Mengisi LKS tentang memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

70 65 80 72
Nilai KKM KD 74
Kompetensi Dasar Indikator Kriteria Penetapan Ketuntasan Nilai KKM
Kompleksitas Daya dukung Inteke
Makhluk hidup dan proses kehidupan

Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan

Kognitif

Produk

Menyebutkan kondisi lingkungan yang baik bagi kesehatan manusia

75 80 70 75
Proses

Menunjukkan contoh kondisi lingkungan di rumah yang baik bagi kesehatan manusia

80 75 75 77
Afektif

Karakter

Menampilkan kondisi lingkungan di rumah yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia

70 85 80 78
Keterampilan Sosial

Menjawab pertanyaan dari guru kondisi lingkungan di rumah yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia

65 70 75 70
Psikomotor

v  Mengisi LKS tentang kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan manusia

75 80 70 75
Nilai KKM KD 75

KKM Tematik :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s