Ujian Nasional 2013 Paling Bobrok dan Mengecewakan

Posted: April 18, 2013 in Info Pendidikan
Tag:, , , ,

Senin, 15 April 2013 | 23:05:56

Medan, (beritasumut.com) – Banyaknya sekolah di Sumatera Utara yang tidak mendapat naskah soal pada Ujian Nasional (UN) tahun ini menjadi sorotan serius bagai berbagai elemen dan praktisi yang peduli dengan dunia pendidikan. Mereka menunding, pelaksanaan UN Tahun 2013 ini pelaksanaan UN palong bobrok dan sangat mengecewakan.

Seperti diungkapkan Ketua Gabungan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (GP Tendik) Sumatera Utara FJ Pinem. Dia dengan tegas mengatakan, banyaknya sekolah yang tidak menerima naskah soaln di Sumut menunjukkan kebobrokan dalam proses pelaksanaan UN. Peristiwa ini baru tahun ini terjadi dan inilah sejarah UN paling bobrok di Indonesia.

“Di dalam sejarah pendidikan kita, inilah UN yang paling bobrok. Bagaimana bisa banyak sekolah yang tidak mendapatkan naskah soal ujian. Ini kan tidak masuk akal. Persoalan ini harus menjadi persoalan serius dan harus diselidiki kenapa bisa terjadi seperti ini,” tegas FJ Pinem saat dikonfirmasi melalui telepon, Senin (15/04/2013).

Menurutnya, dengan kejadian ini, sama saja artinya pemerintah telah mengecewakan dan menelantarkan para siswa yang akan mengikuti UN di seluruh Indonesia. Jelas ini sangat mengecewakan orang tua siswa. Karena segala persiapan untuk menghadapi UN sudah dilakukan dengan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Seperti misalnya memberikan uang tambahan kepada anaknya untuk mengikuti les tambahan agar anaknya bisa lulus UN.

“Apakah ini dipikirkan oleh peemerintah kita? Tidak semua orangtua dari siswa yang mengikuti UN ini orang yang mampu dalam hal finansial untuk mendorong anaknya agar mengikuti les tambahan di luar sekolah agar anaknnya bisa lulus dalam UN. Bahkan ada orang tua yang rela berutang demi anaknya bisa mengikuti les tambahan di luar sekolah agar bisa lulus UN. Namun, sepertinya pemerintah kita tidak berpihak kepada rakyatnya. Ini harus disikapi secara serius. Kasihan para siswa yang tidak jadi ikut melaksankan UN karena naskah soal ujian mereka tidak sampai ke sekolah mereka,” ucapnya.

Oleh karena itu dia menegaskan agar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memberikan keterangan terkait bobroknya penyelenggaraan UN ini. Apabila Mendikbud tidak mampu menjalankan tugasnya, maka pihaknya meminta agar Mendikbud segera mundur dari jabatannya. Karena telah mengecewakan rakyat Indonesia khususnya Sumatera Utara.

“Mendikbud harus pertanggungjawabkan persoalan ini. Jika tidak mampu menjalankan tugas lebih baik mundur saja dari Menteri, agar bisa digantikan oleh orang yang lebih mampu dan tidak membuat kecewa rakyat Indonesia,” tegasnya. (BS-024)

http://beritasumut.com

Komentar
  1. studybuddytuition mengatakan:

    Reblogged this on studybuddytuition and commented:
    ujian nasional 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s