Perwakilan Korban Kejahatan Seksual Desak Hakim Daming Disidang Etik

Posted: Januari 16, 2013 in Uncategorized
Tag:, ,

Jakarta – Koalisi Masyarakat Sipil untuk Perempuan dan HAM mendatangi kantor Komisi Yudisial (KY). Mereka meminta hakim Daming Sunusi disidang dalam pengadilan etik hakim untuk mempertanggungjawabkan lelucon ‘pemerkosa dan korban sama-sama menikmati’.

“Kami mohon KY melakukan pertemuan dengan MA untuk membentuk majelis kehormatan hakim (MKH) untuk memeriksa secara adil dan benar yang memihak pada korban yang dilecehkan,” kata anggota koalisi Lies Marcoes saat audiensi dengan KY di Gedung KY, Jalan Kramat Raya, Jakarta, Rabu (16/1/2013).

Menurut Lies, mereka datang mewakili aspirasi para korban kejahatan seksual. KY dinilai sebagai lembaga yang tepat karena bertugas memeriksa perilaku hakim terkait dengan kode etik. Sehingga ucapan Daming harus diproses oleh KY karena dinilai melanggar kode etik tersebut.

“Kami datang ke sini karena kami percaya supremasi hukum,” ucap Lisma sambil tersedu.

Lisma berharap, KY bisa segara merespon apa yang menjadi kekhawatiran mereka. Pernyataan tersebut menurutnya tidak pantas diucapkan oleh seorang pejabat negara.

“Kami ingin, berharap dan memohon agar KY memproses apa yang kami protes ini,” ujar Lisma.

Di kesempatan yang sama Ketua KY, Eman Suparman mengatakan laporan dari masyarakat diterima dengan senang hati dan akan diproses dengan semestinya. Namun, untuk mendudukan Daming ke sidang MKH dibutuhkan koordinasi dengan Mahkamah Agung (MA) terlebih dulu.

“Kita akan rekomendasi sanksi untuk Daming Sanusi. Itulah quick respons KY. Akan kami proses, MKH pada dasarnya adalah rekomendasi. Kalau ini pelanggaran berat baru bisa MKH,” ujar Eman.

Sekitar 20 orang yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil untuk Perempuan dan Ham datang ke KY pukul 14.00 WIB. Mereka diterima oleh Ketua KY Eman Suparman, Komisioner KY Jaja Ahmad Jayus, dan Jubir KY Asep Rahmat Fajar. Pertemuan berlangsung sekitar 1 jam

Salmah Muslimah – detikNews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s